Negeri Pesona

Merupakan blog nusantara yang menyajikan informasi mengenai keadaan geografis dan budaya.

DKI Jakarta

Jakarta adalah ibukota negara kesatuan Republik Indonesia yang terletak di sebelah ujung Barat pulau Jawa. Luas wilayah ibukota Jakarta meliputi 650 km2 dengan 50dpl. DKI Jakarta dialiri oleh tiga belas sungai, sungai terbesar adalah sungai Ciliwung dan kanal yang semuanya bermuara di Teluk Jakarta. Cuaca di Jakarta cenderung lebih panas dari daerah lainnya di Indonesia yaitu berkisar 27 derajat celcius. Provinsi DKI Jakarta terdiri dari lima wilayah kotamadya masing-masing Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta, Selatan, Jakarta Barat dan satu Kabupaten yaitu Kabupaten Kepulauan Seribu. Populasi penduduknya terdiri dari berbagai macam suku antara lain Sunda, Jawa, Cina dan penduduk asli Jakarta yang disebut "orang Betawi". Kelompok besar masyarakat lainnya datang dari Minangkabau, Batak, Bugis, dan lain-lain, kepadatan penduduk 15.000 per km2.

Untuk memahami kebudayaan Indonesia, Jakarta memiliki banyak museum yang menjadi tempat penting untuk dikunjungi. Sebagai pusat pemerintahan, kota bisnis, keuangan dan jasa, Jakarta memiliki gedung-gedung pencakar langit yang megah sebagai pusat komersial, istana kepresidenan, pusat perbelanjaan, pemukiman tematik dan belasan lapangan golf internasional. Kota ini juga dihiasi dengan berbagai monumen (patung) besar dan taman rekreasi yang semuanya mampu menjadi daya tarik wisata.

Selain itu pesona modernitas, Jakarta juga memiliki pesona wisata tradisional yang terdapat di kawasan kota tua Jakarta. Kawasan Kota merupakan bagian dari kota Batavia, ibukota kolonial Belanda pada abad ke-17 yang berpusat di sekitar Taman Fatahillah. Dari sini wisatawan dapat pergi ke arah Utara mengunjungi pelabuhan tua Sunda Kelapa yang merupakan peninggalan yang paling mengesankan dari masa kejayaan pelayaran tradisional masa lalu di Indonesia. (Sejarah).
Share on Google Plus

About tohari achmad

Karya, Pembuatan Film Dokumenter, telah publish di Youtube: 1. Tinggalan Budaya Megalitik di Kab. Lahat Sumatera Selatan 1. 2. Tinggalan Budaya Megalitik di Kab. Lahat Sumatera Selatan 2. 3. Tinggalan Masa Kolonial di Pulau Banda Neira, Maluku Tengah 4. Tinggalan Kubur Tempayan di Situs Lologedang Kab. Kerinci, Prop. Jambi. 5. Kubur Batu di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar