Negeri Pesona

Merupakan blog nusantara yang menyajikan informasi mengenai keadaan geografis dan budaya.

Banten

Provinsi Banten beribukota Serang, terletak diujung Barat Pulau Jawa dan menjadi salah satu pintu gerbang Indonesia. Memiliki luas 8.800,83 km persegi. Provinsi Banten terdiri dari empat kabupaten; Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan dua kota yaitu Kota Tangerang dan Kota Cilegon. Batas wilayah Provinsi Banten disebelah Utara dengan Laut Jawa, sebelah Timur dengan Provinsi DKI Jakarta, sebelah Selatan dengan Samudra Hindia dan sebelah Barat dengan Selat Sunda, salah satu jalur pelayaran Internasional yang dapat dilalui kapal besar dan menghubungkan antara Australia-New Zealand dengan  Thailand, Malaysia, Singapura dan kawasan Asean lainnya.
Sebelumnya wilayah Banten bergabung dengan Provinsi Jawa Barat, namun keinginan rakyatnya untuk menjadi provinsi sendiri telah muncul sejak tahun 1953 yang kemudian diikuti pembentukan panitia Provinsi Banten pada tahun 1963. Selama 32 tahun masa Orde Baru, keinginan tersebut tak pernah terwujud dan barulah paska reformasi tahun 1999 ditandai dengan Deklarasi Rakyat Banten di Alun-alun, Serang. Akhirnya pada 18 November 2000, diresmikannya Banten menjadi Provinsi yang ke 30 di Indonesia. (Sejarah Banten).
Share on Google Plus

About tohari achmad

Karya, Pembuatan Film Dokumenter, telah publish di Youtube: 1. Tinggalan Budaya Megalitik di Kab. Lahat Sumatera Selatan 1. 2. Tinggalan Budaya Megalitik di Kab. Lahat Sumatera Selatan 2. 3. Tinggalan Masa Kolonial di Pulau Banda Neira, Maluku Tengah 4. Tinggalan Kubur Tempayan di Situs Lologedang Kab. Kerinci, Prop. Jambi. 5. Kubur Batu di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar