Negeri Pesona

Merupakan blog nusantara yang menyajikan informasi mengenai keadaan geografis dan budaya.

Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan dengan ibukotanya Palembang merupakan suatu kawasan seluas 99.888,28 km2 di pulau Sumatera bagian Barat yang terletak di sebelah selatan garis khatulistiwa pada 10-40
derajat LS dan 102-108 derajat BT. Bagian daratan provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jambi di sebelah Utara dan Provinsi Lampung di Selatan, Provinsi Bengkulu di bagian Barat serta di bagian Timur berbatasan dengan Pulau Bangka dan Belitung.
Sumatera Selatan dikenal juga dengan sebutan Bumi Sriwijaya karena wilayah ini pada tahun 712 Masehi merupakan pusat kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Indonesia yang berpengaruh sampai Formosa dan Cina di Asia serta Madagaskar di Afrika. Disamping itu, Sumatera Selatan sering pula disebut sebagai Daerah Batanghari Sembilan, karena di kawasan ini terdapat 9 sungai besar yang dapat dilayari sampai jauh ke hulu, yakni;  Sungai Musi, Ogan, Komering, Lematang, Kelingi, Rawas, Batanghari Leko, dan Lalan serta puluhan lagi cabang-cabangnya. (Kota Palembang )
Share on Google Plus

About tohari achmad

Karya, Pembuatan Film Dokumenter, telah publish di Youtube: 1. Tinggalan Budaya Megalitik di Kab. Lahat Sumatera Selatan 1. 2. Tinggalan Budaya Megalitik di Kab. Lahat Sumatera Selatan 2. 3. Tinggalan Masa Kolonial di Pulau Banda Neira, Maluku Tengah 4. Tinggalan Kubur Tempayan di Situs Lologedang Kab. Kerinci, Prop. Jambi. 5. Kubur Batu di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar